Penjualan Android Terus Naik, Sedangkan iPhone Turun

Pangsa pasar Android di AS, Eropa & Tiongkok tetap naik. Di kuartal mula-mula 2016, pangsa pasar dari system operasi Google naik, seperti yg disebutkan oleh satu buah perusahaan peneliti, Worldpanel ComTech.

Di AS, pangsa pasar ponsel canggih Android naik 7,3 % jadi 65,6 %. Sementara di 5 negeri Eropa -- Inggris, Jerman, Perancis, Italia & Spanyol -- pangsa pasar Android naik 7,1 prosen jadi 75,6 %. Di Tiongkok, pangsa pasar Android naik 5,9 % jadi 77 prosen.
Tapi, seperti yg disebutkan oleh CNET, sementara pangsa pasar Android naik, pangsa pasar IPhone justru turun. Pangsa pasar IPhone turun nyaris di seluruh kawasan dalam kuartal satu 2016 apabila di bandingkan dgn musim yg sama th dulu.
Di AS, pangsa pasar Apple turun 4,9 % jadi 31,6 %. Di 5 negeri Eropa, pangsa pasar Apple turun, walaupun tak terlampaui agung, adalah turun segede 1,2 prosen jadi 18,9 prosen. Di Tiongkok, pangsa pasar IPhone pula turun 5 % jadi 21,1 %.

Bln dulu, Apple melaporkan bahwa penjualan IPhone turun di kuartal satu 2016. Mereka pula memperkirakan, penjualan tetap dapat turun di kuartal ini.

Kala ini, vendor ponsel pintar mesti sanggup menawari ponsel pintar bersama feature yg unik buat menarik perhatian customer. Dikarenakan dibuat oleh tidak sedikit vendor, telpon pintar Android akan sedia dalam bermacam macam rentang harga. Sementara IPhone cuma dipasarkan oleh Apple.

"Kali ini merupakan pertumbuhan Android paling besar di 5 negeri Eropa dalam lebih dari 2 th," kata Kantar Mobile Analyst, Lauran Guenveur. "Selain itu, pertumbuhan ini terkecuali muncul dari satu atau dua vendor, namun dari bermacam macam merk, tergantung terhadap wilayah."